Tips Memilih Asuransi Pendidikan

Posted On //


Tips memilih asuransi pendidikan. Ketika Anda merencanakan membeli asuransi pendidikan untuk anak kesayangan Anda, ada beberapa poin yang penting untuk diperhatikan. Karena memang pada masa sekarang banyak perusahaan yang menawarkan berbagai produk asuransi pendidikan. Tentunya tidak boleh salah dalam memilih jenis dan produk asuransi yang Anda beli. Untuk menghindari kesalahan dalam memilih jenis dan produk asuransi pendidikan, tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan beberapa tips memilih asuransi pendidikan untuk buah hati Anda.

Kenali seluk beluk perusahaan asuransi, perkembangannya, serta agen perusahaan asuransi tersebut.
Peribahasa mengatakan tak kenal maka tak sayang, kiranya istilah ini dapat Anda gunakan untuk mendapatkan gambaran tentang perusahaan dan perkembangan perusahaan asuransi tersebut serta agennya. Silakan telaah dengan seksama dan jangan terlalu terburu-buru untuk membeli produk asuransi pendidikan. Teliti dan jika perlu telepon lah perusahaan asuransi tersebut via CS atau lebih baik lagi jika langsung mendatangi kantor cabangnya. Untuk perusahaan asuransi yang cukup mapan dan terpercaya biasanya kantor cabangnya terdapat di berbagai wilayah guna memudahkan akses nasabah ketika menyampaikan keluhan atau proses klaim.

Tarif premi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.
Premi yang akan dibayarkan sebaiknya dihitung dulu, penghitungan dari pendapatan dan kebutuhan bulanan Anda dan keluarga, dana lain-lain yang biasanya disiapkan sebesar 10% dan penghitungan pembayaran premi asuransi maksimal dana yang Anda ambil dari pendapatan Anda tidak lebih dari 25-30%. Namun demikian,  jangan sampai hanya mencari murah. Ada faktor-faktor yang seharusnya diketahui, misalnya membandingkan uang pembayaran premi dengan nilai manfaat asuransi pendidikan yang didapat disaat kita mengambil manfaat tersebut atau jatuh tempo. Hasilnya sesuai atau tidak untuk kebutuhan biaya di masa yang akan datang.

Jangan pernah tergiur penawaran dengan khusus.
Penawaran khusus untuk produk asuransi pendidikan misalnya Cashback dan iming-iming lain yang membuat asuransi seolah-olah menjadi magnet uang yang menjanjikan, berhati-hatilah, dan pelajari produk dan jenis asuransi tersebut. Mintalah dahulu penjelasan detail mengenai paket produk dan bagaimana perbandingannya dengan jenis produk yang lain.

Penarikan dana yang mudah dilakukan kapan saja.
Pilihlah asuransi pendidikan anak yang fleksibel dalam penarikan dana, yaitu sistem dari perusahaan asuransi yang memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk dapat menarik dana di luar waktu yang disepakati. Misalnya anak lulus satu tahun lebih cepat pada kelas akselerasi, maka pada saat itu kita dapat menarik dana satu tahun juga lebih cepat. Tanyakan pula hal ini kepada agen asuransi, agen asuransi yang baik akan memberikan informasi terakait kebutuhan Anda.

Demikian sekilas tips memilih asuransi pendidikan. Silakan baca juga tips yang lain di artikel lainnya. Terima Kasih.

Share:

Facebook Google+ Twitter Digg Print Friendly and PDF

Contact Us

Name

Email *

Message *