Kebijakan Asuransi yang Perlu Anda Pahami (Cara Klaim Jenis Produk Asuransi)

Posted On //


Ketika Anda memutuskan untuk membeli jasa perlindungan asuransi, tentu Anda harus memahami kebijakan apa saja yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi tersebut, jangan sampai Anda hanya mempercayakan pada Agen Asuransi yang menawarkan dengan bujuk rayu dan kata-kata manis, kemudian Anda terlena dengan iming-iming hasil investasi yang besar. Pikirkan juga masalah inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan kesanggupan Anda dalam memenuhi perjanjian yang kelak tertera dalam polis. Itu yang terpenting, lalu apa saja yang perlu Anda pahami tentang kebijakan perusahaan asuransi sebelum Anda benar-benar membelinya.

Memahami Klaim Asuransi

Rencana membeli Asuransi bisa membawa kita keluar dari kekhawatiran. Mungkin itu Rencana Pendidikan, Kesehatan, Jiwa, Kendaraan, Kecelakaan, atau Rencana Asuransi Pensiun. Hidup di negara di mana semuanya serba cepat, memiliki Polis Asuransi adalah suatu keharusan. Tidak adanya kepemilikan perlindungan bisa jadi akan menyebabkan Anda mendapati banyak masalah dikemudian hari. Bayangkan, apa yang harus dilakukan ketika seseorang dalam keluarga yang sakit? Bagaimana Anda akan mengirim anak-anak ke sekolah tanpa tanpa perencanaan yang matang?

Beberapa orang memiliki berbagai jenis Rencana Asuransi untuk mengamankan kehidupan mereka dan keluarga mereka. Namun, klaim asuransi juga dihadapkan pada umpan balik negatif yang menghambat orang dari pemikiran tentang perlunya memperoleh rencana asuransi. Jelas, Rencana Asuransi berarti manfaat tapi entah bagaimana, mengklaim manfaat dapat membosankan dan memakan waktu. Klaim asuransi tidak perlu memberi kita begitu banyak masalah jika kita memahami bagaimana perusahaan asuransi bekerja pada klaim asuransi nasabah. Jadi untuk memahami isu-isu dan menyelamatkan kita dari banyak masalah dalam mengklaim asuransi, baiklah, perhatikan tahapan untuk mengklaim asuransi Anda.

Pengajuan Klaim Asuransi Kendaraan Anda
  1. Menilai apakah Klaim layak diajukan atau tidak. Jika Anda pikir Anda mampu untuk membayar kerusakan, tidak peduli siapa yang bertanggung jawab untuk itu, cobalah untuk tidak membuat klaim. Yang penting, Anda menjaga riwayat asuransi Anda bersih. Agar kelak ketika mendapati masalah yang lebih besar, klaim bisa diperoleh.
  2. Dapatkan Dokumen Kecelakaan, Hal ini sangat penting untuk mendokumentasikan setiap detail kecelakaan dan mendapatkan saksi untuk mendukung cerita Anda. Catatan polisi di tempat kejadian adalah dokumen yang relevan harus Anda miliki untuk mendukung klaim Anda.
  3. Berkas Klaim Segera, Anda tidak perlu mengulur waktu dalam pengajuan klaim Anda. Pertanyaan mengenai siapa yang bertanggung jawab akan diurus oleh Perusahaan Asuransi Anda.
  4. Bawa pengemudi lain untuk diwawancarai oleh perusahaan asuransi Anda yang tentunya mendukung derita Anda, jadika ia saksi kejadian. Pastikan Anda mendokumentasikan percakapan dan jangan lupa untuk menanyakan nama agen asuransi Anda.
  5. Dapatkan mobil Anda tetap pada kondisi setelah mengalami musibah, setelah klaim Anda disetujui, maka Anda dapat memperbaiki mobil Anda atau Perusahaan Asuransi akan menilai harga kerusakan dan mungkin meminta Anda untuk mengirimkan mobil Anda ke toko mobil pilihan mereka untuk memperbaikinya.


Bagaimana Anda Klaim Asuransi Rumah

Dalam kasus bencana yang menyebabkan Anda dan keluarga Anda menjadi tunawisma, Anda akan mengajukan Klaim Asuransi Rumah Anda. Ketika Anda mengajukan klaim, pastikan Anda membawa polis asuransi Anda. Jika Anda tidak dapat memiliki salinan polis setelah bencana, setidaknya tahu dan ingat nama dan nomor kontak Perusahaan tempat Anda membeli Asuransi. Dan lebih baiknya lagi Anda mengingat nama agen Anda dan dapat menghubunginya, dia bisa mewakili perusahaan.

Siapkan Inventarisasi Rumah Tangga, selalu lebih baik jika Anda mengambil dokumentasi foto (sebaiknya video) dari barang-barang rumah tangga Anda setiap kali Anda memiliki Rencana Asuransi Rumah, berarti ini dilakukan ketika Anda hendak membeli asuransi. Menyimpan salinan catatan di tempat yang aman dan sebaiknya disimpan diluar rumah Anda, atau di brangkas. Ini selalu dianjurkan untuk menjaga deposito bank untuk dokumen penting seperti Kebijakan Asuransi, Judul Property, dll.

Beritahu Perusahaan Asuransi Anda secepatnya, Hal ini penting untuk memberitahu Perusahaan Asuransi Anda sesegera mungkin untuk alasan yang mungkin Anda miliki untuk mengantisipasi kehilangan manfaat kebijakan asuransi Anda. Hal ini bisa menutupi biaya hidup di luar rumah Anda ketika sedang diperbaiki seperti tagihan hotel, makan, dan biaya lain. Ini akan memberikan Anda manfaat untuk dapat menerima uang tunai yang diperlukan untuk tagihan Anda.

Mulai Pengajuan Klaim Anda. Anda tidak dapat mengklaim sampai Anda memiliki semua yang pendokumentasian. Jadi, akan sulit bagi Anda untuk memiliki daftar barang-barang rumah tangga jika sebelumnya tidak didokumentasikan atau Anda menyimpannya di rumah. Hanya ketika Anda dapat mendapatkan akses ke rumah Anda sekali lagi bisa Anda benar dokumen itu. Sementara Anda menunggu persetujuan dari klaim, Anda dapat membuat perbaikan kecil tetapi pastikan untuk mencatatnya. Jangan membuat perbaikan besar sampai klaim Anda disetujui.

Hati-hati dalam mencari kontraktor untuk mengurus pembangunan dan perbaikan kebutuhan Anda. Banyak kontraktor akan selalu mengambil kesempatan seperti ini untuk mengambil keuntungan dari kekhawatiran Anda. Mereka selalu dapat meregangkan anggaran Anda melampaui penalaran logis.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Jiwa

Pengajuan untuk Klaim Asuransi setelah kematian orang yang dicintai tidak benar-benar mudah. Namun, pada saat ini dalam hidup mungkin Anda harus praktis. Anda butuh uang lebih dari apa pun untuk melunasi biaya pemakaman, tagihan dan bahkan kebutuhan keluarga. Dan sulit untuk membiarkan keluarga sendirian dan menghadapi semua masalah ini, tetapi Anda harus bersyukur jika yang meninggal telah mempersiapkan Anda untuk saat-saat seperti ini. Sebagai korban, kita kadang-kadang khawatir tentang hal-hal seperti ini, tetapi Rencana Asuransi Jiwa dirancang untuk mengurangi kekhawatiran dan memastikan keluarga almarhum bahwa kita tidak akan harus berurusan dengan masalah keuangan karena kehilangan orang yang dicintai.

Cari Kebijakan Asuransi Jiwa. Kebijakan tersebut merupakan dokumen penting yang diberikan kepada Pemegang Polis. Hal ini sangat diperlukan saat mengajukan klaim asuransi. Pastikan untuk mencari jika almarhum tidak dapat memberitahu Anda di mana ia menyimpannya. Anda mungkin ingat bahwa ini adalah dokumen yang sangat penting, sehingga mungkin beliau menyimpannya di tempat yang tidak mudah dilihat atau dikenali. Anda mungkin dapat melihatnya dalam wadah plastik atau wadah tertutup yang cukup besar untuk menampungnya. Hal ini juga bisa disimpan dalam laci kecil lemari atau brangkas penyimpanan dikantornya.

Hubungi Nomor Perusahaan Terdaftar dalam Polis. Cobalah untuk menghubungi langsung nomor kontak atau nomor yang tercantum dalam dokumen. Jika Anda secara pribadi tahu perwakilan resmi atau agen, Anda mungkin juga menghubunginya secara langsung dan katakan padanya bahwa Anda ingin mengajukan klaim. Agen perusahaan akan selalu siap membantu Anda dalam pengajuan Anda. Dia akan memberikan Anda aplikasi yang Anda butuhkan. Tunggu instruksi dan bahwa Perusahaan Asuransi akan menyetejui klaim Anda.

Formulir Diperlukan dan Kirim Persyaratan. Setelah menerima formulir yang diperlukan yang diperlukan segera mengisinya dengan semua informasi yang diperlukan. Menyediakan juga kebutuhan lain yang diperlukan pada saat penyerahan. Sertifikat kematian adalah kebutuhan dasar dari semua persyaratan Anda mungkin perlu untuk memberikan bersama dengan Formulir Aplikasi Anda.

Tentukan Bagaimana Anda ingin Menerima Hasil dari Kebijakan Hidup. Anda dapat memilih untuk menerima hasil dalam bentuk cash total, atau memilih untuk menerima dalam bentuk pensiun bulanan atau hanya menyimpannya di deposito untuk dan mendapatkan bunga dan atau dividen.

Tunggu Pencairan Dana. Menunggu persetujuan dana Anda untuk klaim akan memakan waktu yang biasanya lebih dari satu bulan untuk memproses karena Perusahaan Asuransi masih harus memvalidasi informasi pada aplikasi Anda.

Klaim untuk Kesehatan Medis

Jika Anda harus membayar tagihan medis Anda, maka Anda harus mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa tips dalam membuat klaim Anda:

Menjaga Laporan diperinci. Pastikan untuk mendapatkan semua penerimaan dan laporan yang diperlukan termasuk tagihan yang dikeluarkan oleh dokter atau apoteker. Meringkas itu, sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh Evaluator Asuransi. Pasangkan ke Formulir Aplikasi Anda.

Isi Aplikasi Formulir Klaim. Hubungi bagian Kesehatan Perusahaan Asuransi sesegera mungkin. Anda bisa mendapatkan Formulir Aplikasi langsung dari mereka setelah menyatakan keinginan Anda untuk mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan. Formulir Aplikasi mudah untuk untuk di isi tapi jika kerepotan seseorang dari Perusahaan Asuransi akan membantu Anda jika ada beberapa item dalam Formulir Aplikasi yang Anda tidak mengerti.

Scan atau Gandakan. Setelah mengisi formulir dan menyerahkan kepada Perusahaan Asuransi Kesehatan, pastikan Anda untuk memindai atau memiliki duplikat salinan. Ini akan membuat Anda lebih tenang dan menghindari kerugian atau kesalahan dalam pengajuan. Anda dapat dengan mudah mengajukan lagi bila diperlukan. Tinjau sebelum dikirim dan ajukan klaim Anda sesegera mungkin. Mintalah bantuan atau bertanya untuk instruksi tambahan atau persyaratan lain. Tanyakan berapa lama Anda akan menunggu hasil dan pastikan untuk membuat catatan dalam kalender Anda. Jika mereka gagal untuk menghubungi Anda pada tanggal tertentu, pastikan untuk menghubungi Anda melalui Agen Asuransi. Jadi, jaga komunikasi Anda dengan agen asuransi tersebut agar lebih mudah jika terjadi sesuatu.

Mengajukan klaim asuransi dapat membosankan tapi di dunia saat ini di mana semuanya serba cepat, memiliki Polis Asuransi menjadi bahan pertimbangan yang bijaksana untuk memilikinya.

Share:

Facebook Google+ Twitter Digg Print Friendly and PDF

Contact Us

Name

Email *

Message *