Asuransi Pendidikan

Posted On //


Asuransi pendidikan adalah bentuk ivestasi yang dilakukan oleh orang tua guna mempersiapkan dana pendidikan anak di masa yang akan datang. Atau dengan kata lain pengertian asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan biaya pendidikan kepada pihak tertanggung dengan sebagian premi yang telah dibayarkan oleh pihak tertanggung. Dalam asuransi pendidikan, dikarenakan anak yang direncanakan untuk mendapat manfaat dari asuransi pendidikan ini belumlah mencapai usia cukup untuk asuransi (usia cukup untuk asuransi di Indonesia adalah 21 tahun), maka orang tua anak atau wali (dengan ketentuan khusus) yang menjadi pemegang polis atau pemilik asuransi.

Produk asuransi pendidikan pada setiap perusahaan jasa asuransi bisa memiliki kebijakan yang berbeda. Misalnya sebagai berikut:
  1. Perusahaan penyedia jasa asuransi pendidikan memberikan layanan produk dengan memberikan dana pendidikan perjenjang, yaitu pada saat anak masuk sekolah dasar (jika pembelian polis beberapa tahun sebelum anak sekolah), sekolah lanjutan tingkat pertama, kemudian ketika masuk Sekolah Menengah Atas, dan ketika masuk Perguruan Tinggi. Perusahaan asuransi akan memberikan dana dengan jumlah yang telah disepakati dengan pihak tertanggung dengan waktu disaat anak masuk sekolah. Dengan ini, asuransi pendidikan dapat memberikan manfaat perlindungan ekonomi dengan jaminan ketersediaannya dana untuk sekolah. Selain itu asuransi pendidikan mampu memberikan nilai manfaat untuk perlindungan jiwa sekaligus investasi bagi masa yang akan datang demi kebutuhan pendidikan anak yaitu dengan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang anda bayarkan. Biasanya ini bentuk produk asuransi pendidikan dari asuransi tradisional.
  2. Perusahaan asuransi untuk asuransi pendidikan memberikan manfaat sekaligus pada jenjang anak masuk perguruan tinggi atau pada jenjang tertentu yang dikehendaki Pemegang Polis. Dalam manfaat asuransi pendidikan ini, Pemegang Polis dapat tidak mengambil dana pada saat anak masuk sekolah atau perkuliahan dikarenakan kontrak yang dibuat tidak terbatas pada usia anak sekolah. Ketika dana ini tidak ingin diambil, biasanya ini tidak akan ada masalah, justru nilai investasi akan naik karena jumlah kelebihan dana akan terus diakumulasikan per-setiap tahun. Selanjutnya, pada saat anak usia 21 tahun, kepemilikan asuransi pendidikan dapat dialihkan dari orang tua kepada anak penerima manfaat. Dan dana akan terus berkembang. Untuk pengambilan dapat dilakukan oleh anak penerima manfaat sesuai keinginan dengan mengajukan form klaim kepada perusahaan. Dalam beberapa produk asuransi pendidikan modern, kebanyakan tanggungan asuransi tambahan untuk perlindungan hanya berlaku sampai anak usia 25 atau 35 tahun saja.

Memang, asuransi pendidikan adalah program investasi dan asuransi yang dikelola oleh perusahaan asuransi, dimana hasil investasi yang diberikan lebih tinggi daripada tabungan pendidikan. Namun diharapkan selalu berhati-hati dalam memilih perusahaan asuransi pendidikan yang terbaik dan jangan tergiur oleh penawaran khusus, kenali perusahaan asuransi serta agen perusahaan asuransi untuk memilih sebuah program asuransi pendidikan demi menjamin biaya pendidikan anak.

Penjelasan rinci seputar Pengertian Asuransi Pendidikan akan dibahas lebih lanjut dalam artikel selanjutnya.

Share:

Facebook Google+ Twitter Digg Print Friendly and PDF

Contact Us

Name

Email *

Message *