Perbedaan Tabungan Pendidikan dengan Asuransi Pendidikan

Posted On //


Tabungan pendidikan adalah sebuah program menabung yang dikelola pribadi atau diserahkan pada perusahaan tertentu atau bank tertentu dengan memberikan jaminan perlindungan asuransi sekaligus. Dana yang masuk dari nasabah dikelola dalam tabungan deposito dan atau sesuai yang kita kehendaki, sehingga dapat memberikan manfaat hasil lebih banyak dari tabungan biasa.

Asuransi pendidikan adalah sebuah program atau produk investasi yang sudah secara sekaligus produk asuransi yang kemudian dikelola oleh perusahaan asuransi, dengan manfaat hasil investasi lebih tinggi dari tabungan pendidikan dikarenakan pengelolaan dana yang dilakukan perusahaan asuransi menggunakan berbagai instrument investasi yang jelas lebih progresif. Beberapa produk asuransi pun biasanya dapat digunakan untuk kebutuhan asuransi (perlindungan) atau rencana keuangan lainnya. Lihat artikel Pengertian Asuransi Pendidikan.

Tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan memiliki konsep dasar yang sama yaitu investasi yang secara khusus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan nanti. Namun meskipun memiliki tujuan yang sama, namun keduanya, antara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan memiliki karakteristik produk yang beda.

Untuk dapat menentukan mana yang lebih baik untuk Anda, Anda hanya perlu melihat produk-produknya dan kemudian membandingkannya kemudian tentukan produk mana yang lebih sesuai dan nyaman untuk Anda ambil. Nilai investasi pada asuransi pendidikan relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan produk tabungan pendidikan. Akan tetapi pada asuransi pendidikan tidak fleksibel dalam pengambilan dana, meskipun beberapa perusahaan memberikan keleluasaan dalam hal ini, dan jika hendak menghentikan tabungan di tengah jalan setidaknya harus menuggu waktu selama 3 tahun sampai jumlah saldo dapat diuangkan dengan proses yang agak rumit jika dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Dari segi waktu pun perlu lebih lama jika dibandingkan dengan produk tabungan pendidikan.

Jika melihat perbedaan-perbedaan tersebut maka dapat ditarik sebuah kesimpulan, bahwa tabungan pendidikan memberikan manfaat investasi dalam jangka waktu pendek dan menengah, sedangkan produk asuransi pendidikan memberikan manfaat investasi antara jangka waktu menengah hingga panjang.

Demikian ulasan asuransi tentang perbedaan tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan, semoga bermanfaat.

Share:

Facebook Google+ Twitter Digg Print Friendly and PDF

Contact Us

Name

Email *

Message *